Blog

Bring to the table win-win survival strategies to ensure proactive domination. At the end of the day, going forward, a new normal that has evolved from generation.

August 13, 2024by Erasoft

Beberapa metode perhitungan atau pencatatan persediaan stok barang yang populer digunakan adalah metode FIFO (First in First Out), LIFO (Last In First Out), dan Average. Dalam akuntansi, persediaan barang bisa dihitung dalam beberapa metode, dimana metode ini bisa disesuaikan dengan jenis perusahaan dan juga kepentingan perusahaan.

Persediaan merupakan semua barang yang dimiliki perusahaan dengan tujuan untuk dijual kembali atau dikonsumsi dalam operasi normal perusahaan.

Terdapat dua sistem pencatatan akuntansi persediaan yaitu sistem perpetual dan sistem periodik (fisik).

Penentuan kedua sistem pencatatan tersebut tergantung pada kebijakan yang diambil oleh perusahaan.

Dalam praktiknya, banyak perusahaan yang membuat asumsi tentang mekanisme cost persediaan masuk ke dalam dan keluar perusahaan.

Asumsi aliran cost persediaan tentunya harus sesuai dengan standar dan Prinsip Akuntansi yang Berterima Umum (PABU).

Berikut ini adalah penjelasan tentang metode persediaan stok barang dan perbedaannya yang penting untuk Anda ketahui.

Metode Persediaan First In First Out (FIFO)

Seperti namanya first in first out yang artinya masuk pertama keluar pertama, maka pada metode ini unit persediaan yang pertama kali masuk ke gudang perusahaan akan dijual pertama.

FIFO (First-In, First-Out) adalah metode untuk menentukan harga pokok untuk pemakaian bahan baku maupun penjualan dengan cara mengasumsikan bahwa produk yang sudah terjual merupakan produk terlama dalam inventaris.

Biaya yang dikeluarkan untuk produk terlama itulah yang digunakan dalam perhitungan.

Singkatnya, metode FIFO akan menghapus produk paling awal yang masuk dari akun persediaan setiap terjadi pencatatan penjualan.

Misalnya, Anda menjalankan bisnis penjualan Sparepart , maka Sparepart yang terlebih dahulu dijual yaitu Sparepart yang pertama kali masuk ke toko Anda sesuai tanggal pembelian dari Sparepart tersebut.

Perhitungan biaya dari Sparepart yang terjual pertama itulah yang dijadikan sebagai Harga pokok penjualan. Untuk Memudahkan Perhitungan Harga Pokok gunakan Software Penjualan dari Erasoft atau Program Penjualan maupun aplikasi sales

Perusahaan yang Cocok Menggunakan FIFO

Jika dilihat dari proses operasinya, perusahaan dibedakan menjadi dua, yaitu perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang.

Perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur biasanya mengategorisasikan inventaris menjadi tiga, yaitu barang baku, barang proses, dan barang jadi.

Pengelompokan di bidang manufaktur ini berbeda dengan pengelompokan di bidang dagang karena fungsi dari keduanya memang berbeda.

Ketika perusahaan manufaktur beroperasi untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi, perusahaan dagang langsung beroperasi menjual barang yang sudah didapat dalam bentuk jadi tanpa membutuhkan proses pengolahan.

Akan tetapi, dua perusahaan yang proses operasinya berbeda itu sama-sama cocok menggunakan metode FIFO dalam inventarisasi dengan dua syarat.

  1. Produsen Makanan

Metode persediaan FIFO cocok diterapkan di perusahaan yang memproduksi barang makanan karena penjualan produk terlama akan menjadikan persediaan selalu fresh.

Makanan yang telah diproduksi tapi penyimpanannya tumpang tindih akan membuat perusahaan Anda mengalami kesulitan saat proses distribusi.

Produk terlama yang tidak segera dijual akan mengalami penurunan kualitas dan hal tersebut menyebabkan kerugian bagi perusahaan Anda. DI sarankan anda menggunakan Software Distribusi atau Program Distributor maupun aplikasi khusus Distributor seperti Erasoft  

 

  1. Perusahaan yang Menjual Produk Bertanggal Kadaluarsa

Produk makanan juga masuk dalam kategori ini. Akan tetapi, perusahaan seperti warung kelontong, minimarket, dan supermarket memiliki produk yang lebih beragam jenisnya dengan batasan kadaluarsa yang berbeda pula.

Maka dari itu, metode FIFO sejalan dengan konsep Distribusi penjualan mereka.

Jika Anda merupakan pengusaha di bidang ini, Anda pasti akan meletakkan produk yang terlebih dahulu masuk ke gudang atau ke catatan inventaris pada bagian paling depan rak display agar produk tersebut diambil lebih dulu oleh pembeli.

Rata-rata, semua staf yang bertugas mendisplay produk akan membongkar sisa produk di rak, memasukkan produk baru di bagian paling belakang, baru kemudian memasukkan kembali produk terlama di bagian depan.

Dengan metode pencatatan seperti itu, persediaan akhir barang di gudang penyimpanan akan tetap tinggi dan cenderung stabil tapi pengeluaran tetap bergantung pada produk yang tersedia di rak display. Pantau stok persediaan dengan software inventory berbasis web atau Program Kontrol Stok  maupun Aplikasi Inventory Control 

Metode Persediaan Last In First Out (LIFO)

LIFO artinya adalah yang masuk terakhir keluar pertama. Metode ini mengasumsikan unit persediaan yang dibeli pertama akan dikeluarkan di akhir.

Artinya, unit yang dijual pertama adalah unit persediaan yang terakhir masuk ke gudang. Jadi biasanya persediaan akhir barang dagangan akan dinilai dengan nilai perolehan persediaan yang pertama atau awal masuk.

Metode biaya persediaan LIFO ini adalah didasarkan pada asumsi bahwa aliran keluar biaya persediaan adalah kebalikan dari kronologi terjadinya biaya.

Pada metode ini, harga beli terakhir dibebankan ke operasi dalam periode kenaikan harga (inflasi), sehingga laba yang dihasilkan akan kecil dan pajak yang terutang juga menjadi lebih kecil. Untuk memudahkan Pencatatan saat membei barang maka Software Pembelian atau Procurement Software atau Program pembelian dan Aplikasi Purchasing dari Erasoft cocok di gunakan untuk membantu anda 

Metode Average (Rata-Rata Tertimbang)

Metode average biasa disebut metode rata-rata tertimbang. Metode average membagi antara biaya barang persediaan untuk dijual dengan jumlah unit yang tersedia.

Sehingga persediaan akhir dan beban pokok penjualan dapat dihitung dengan harga rata-rata. Metode average adalah titik tengah atau perpaduan dari metode FIFO dan LIFO.

Jadi kelebihan dan kekurangan metode ini berada diantara metode LIFO dan FIFO.

Dalam penerapan metode Average berarti perusahaan akan menggunakan persediaan barang yang ada di gudang untuk dijual tanpa memperhatikan barang mana yang masuk lebih awal atau akhir.

Cara Menghitung Persediaan Barang dengan Metode FIFO

Pada awal tahun, perusahaan Anda, misalnya perusahaan SparePart, memiliki inventaris awal produk. Selama tahun itu, tentu perusahaan Anda membeli produk dan menjualnya.

Pada akhir tahun Anda perlu melakukan pencatatan. Berikut adalah cara menghitungnya menggunakan metode FIFO.

Asumsikan bahwa produk Anda dibuat dalam tiga gelombang selama tahun tersebut. Biaya dan kuantitas setiap gelombangnya yaitu :

Gelombang 1 : Jumlahnya 2.000 SparePart dengan biaya Rp8.000.000

Gelombang 2 : Jumlahnya 1.500 SparePart dengan biaya Rp7.000.000

Gelombang 3 : Jumlahnya 1.700 SparePart dengan biaya Rp7.700.000

Total yang diproduksi yaitu, 5.200 SparePart dengan biaya Rp22.700.000. Biaya rata-rata untuk memproduksi satu SparePart yaitu, Rp4.370.

Selanjutnya, Anda perlu menghitung unit biaya untuk setiap gelombangnya.

Gelombang 1 : Rp8.000.000/2.000 SparePart = Rp4.000

Gelombang 2 : Rp7.000.000/1.500 SparePart = Rp4.670

Gelombang 3 : Rp7.700.000/1.700 SparePart = Rp4.530

Asumsikan bahwa pada tahun ini perusahaan Anda berhasil menjual 4.000 SparePart dari 5.200 SparePart yang diproduksi. Anda tidak tahu produk dari gelombang mana yang terjual.

Untuk menentukan biaya produk yang terjual menggunakan FIFO, Anda harus menganggap bahwa produk yang terjual merupakan produk tertua (pertama masuk).

Jadi, perhitungan untuk 4.000 SparePart yang terjual yaitu :

  • 2.000 SparePart dari gelombang 1 bernilai masing-masing Rp. 4.000 terjual lebih dahulu dengan total Rp. 8.000.000.
  • 1. 500 SparePart dari gelombang 2 bernilai masing-masing Rp. 4.670 terjual berikutnya dengan total Rp. 7.005.000.
  • 500 SparePart dari gelombang 3 bernilai masing-masing Rp. 4.530 terjual paling akhir dengan total Rp. 2.265.000.

Jika dijumlah, total biaya dari 4.000 SparePart yang terjual adalah Rp. 17.270.000. Hasil perhitungan ini yang akan dianggap sebagai biaya pokok produksi.Penghitungan di atas bisa Anda terapkan dengan penyesuaian untuk perusahaan Anda.

Keuntungan Menggunakan Metode FIFO

FIFO dianggap sebagai metode yang lebih logis dan terpercaya. Dengan metode ini, resiko penurunan kualitas barang karena terlalu lama disimpan, bisa diminimalisir.

Selain itu, berikut adalah beberapa keuntungan lain dari metode FIFO dibandingkan metode lain seperti LIFO atau Average.

1. Mudah Dipahami dan Diterima Secara Universal

FIFO mengikuti alur alami inventaris (produk tertua dijual terlebih dahulu, dengan perhitungan mengikuti biaya setiap gelombang produksi).

Hal tersebut membuat pembukuan Anda menjadi lebih simpel juga bisa memperkecil kemungkinan kesalahan yang terjadi. Maka, wajar jika FIFO diterapkan di banyak perusahaan.

2. Meminimalisir Pemborosan

Perusahaan yang benar-benar mengikuti FIFO akan selalu menjual inventaris tertua terlebih dahulu. Dengan begitu, biaya yang terbuang karena penurunan kualitas produk bisa dihindari.

Produk yang tersisa tetap memiliki kualitas bagus dan bisa dijual dengan harga tinggi karena memang baru diproduksi. Pada situasi penjualan yang konstan, Anda bisa sangat diuntungkan.

3. Laporan Keuangan Sulit Dimanipulasi

FIFO memberikan gambaran yang sangat akurat tentang perhitungan biaya perusahaan.

Garis pengeluaran biaya bisa ditarik secara urut sejak proses produksi hingga penjualan per gelombang.

Jika terjadi keraguan hasil saat penghitungan keuntungan atau bahkan seluruh penghitungan keuangan, Anda bisa melacaknya secara mudah.

Dengan begitu, jika ada manipulasi yang mungkin dilakukan oleh pihak lain, akan mudah Anda temukan.

 

Kekurangan pada Metode Persediaan FIFO

Metode ini bisa mengakibatkan penghitungan pajak penghasilan yang lebih tinggi untuk bisnis Anda.

Kesenjangan antara biaya (modal produksi) dan keuntungan dari metode ini adalah lebih luas jika adalah dibandingkan metode LIFO (Last In, First Out), metode kebalikannya.

Anda juga perlu berhati-hati saat perusahaan mengambil keuntungan yang terlalu sedikit.

Jika itu terjadi, Anda akan berada pada fase bahaya bahkan mengalami kerugian saat biaya produksi naik sedangkan angka-angka yang terlanjur Anda gunakan dalam perhitungan merupakan harga pokok, bukan harga aktual.

Penjelasan di atas merupakan hal-hal yang perlu Anda pahami sebelum memutuskan untuk menerapkan FIFO pada perusahaan Anda.

Jika Anda sudah tahu jenis perusahaan yang Anda jalankan, pertimbangkan baik-baik kelemahan FIFO untuk menyiapkan solusi saat perusahaan Anda memasuki fase penurunan.

 

Jenis Perdagangan yang cocok untuk Metode FIFO

Pasar yang bersifat fluktuatif menyebabkan biaya produksi suatu produk terus naik sejalan dengan inflasi.

FIFO menjadi metode yang dapat membuat catatan keuangan perusahaan terlihat lebih impresif.

Dengan metode persediaan FIFO, produk  atau barang yang dijual adalah produk terlama dengan harga produksi yang masih murah.

Hal ini membuat margin dan keuntungan terlihat lebih besar jika dibandingkan dengan perhitungan metode rata-rata.

Oleh karena itu, FIFO sangat ideal untuk memukau investor,  karena dengan FIFO biaya produksi barang terlihat menjadi semakin kecil sehingga membuat penghasilan di luar pajak menjadi lebih besar bila dibandingkan dengan menggunakan metode rata-rata.

Akan tetapi di sisi lain, dengan tingginya profit (keuntungan) perusahaan, pajak yang harus dibayarpun semakin besar.

Teknik rata-rata sendiri merangkum biaya produksi barang yang ada sehingga membuat barang yang dibeli dengan harga lebih murah sama dengan barang yang dibeli dengan harga lebih mahal.

 

Kekurangan FIFO Dibandingkan Metode Rata-Rata

Seperti yang dijelaskan di atas, FIFO dapat membuat laporan keuangan lebih impresif, karena margin pendapatan yang lebih besar dibanding dengan metode rata-rata.

Namun, karena margin yang besar ini membuat keuntungan yang tercatat menjadi lebih besar pula. Sehingga pajak yang harus dibayarkan menjadi lebih besar.

Sementara, dengan metode rata-rata, margin yang didapatkan relatif lebih kecil sehingga pajak yang dibayarkan menjadi lebih rendah.

Pada saat melakukan pencatatan persediaan, Anda juga harus memperhatikan metode penentuan biaya persediaan yang digunakan. 

Kelola Persediaan Barang dengan Aplikasi Stok Barang 

Erasoft mendukung metode perhitungan biaya inventory dengan metode rata-rata (average) dan FIFO yang akan menentukan kalkulasi penilaian barang, sehingga pencatatan laporan persediaan yang ada akan dikhususkan sesuai dengan metode penilaian yang Anda pilih.

Pilihan metode penilaian inventory dapat Anda akses melalui Menu File Master kemudian masuk ke menu produk (product), selanjutnya pilih “ubah” kemudian pada Metode Hpp terdapat pilihan Metode yang di inginkan.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih metode perhitungan inventory yang diinginkan.

Perlu diperhatikan bahwa, jika Anda sudah mengaktifkan fitur monitor persediaan barang pada salah satu produk, maka metode penilaian inventory tidak dapat diubah.

Untuk membantu Anda mempermudah manajemen persediaan, Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi inventory barang dari Erasoft.

Dengan menggunakan Erasoft, melakukan pengelolaan dan pencatatan persediaan menjadi mudah menggunakan aplikasi stok gudang dan aplikasi stok barang, baik memilih metode persediaan FIFO maupun Average

 



April 1, 2024by Erasoft

Master Online adalah platform omnichannel retail yang membantu toko dalam mengembangkan penjualan dan mengelola stok barang dengan cepat dan tepat di seluruh channel penjualan. Didukung oleh perusahaan ERP di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1988, PT Erasoft Teknologi Indonesia, melengkapi Master Online dengan fitur akuntansi terbaik.

Kontrol bisnis anda dari berbagai marketplace dari satu tempat.

Hadir untuk meningkatkan penjualan dan performa toko Anda.

Erasoft menghadirkan Master Online sebagai platform omnichannel retail dalam membantu pebisnis berjualan. Master Online sebagai platform omnichannel membantu toko dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas toko. Sejak tahun 2019, Master Online sudah melayani ribuan pebisnis dan berhasil mempertahankan konsistensi performa dalam berbagai event high traffic marketplace.

Tipe Bisnis yang cocok untuk menggunakan Master Online Adalah Bisnis dari semua skala dan Semua kategori dapat menggunakan Master Online. Bisnis skala mikro, UMKM, besar hingga principal atau pemegang merk sudah menjadi pelanggan Master Online.

Coba Master Online gratis selama 14 hari. Untuk cara mulai nya, silahkan klik Daftar dan isi data toko. Silahkan tunggu sekitar 1 hari kerja untuk approval dari admin. Setelah mendapat email approval, anda sudah bisa login dan mulai menggunakan Master Online.

Partner Marketplace

Tokopedia Marketplace
PT Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.
Shopee Marketplace
Shopee adalah situs web perdagangan elektronik berkantor pusat di Singapura yang dimiliki oleh Sea Limited.
Lazada Marketplace
Lazada Group adalah sebuah perusahaan e-commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet pada 2012, dan dimiliki oleh Alibaba Group.
Blibli Marketplace
Blibli merupakan perusahaan e-commerce asli Indonesia yang fokus dalam membangun ekosistem berbelanja pilihan konsumen dan institusi melalui platform perdagangan omnichannel yang aman untuk setiap gaya hidup yang terpercaya.
Bukalapak Marketplace
Bukalapak merupakan situs belanja online terpercaya di Indonesia yang menjual beragam produk yang dibutuhkan seluruh masyarakat Indonesia.
Tiktok Social Commerce
TikTok Shop adalah fitur perdagangan sosial yang memungkinkan pengguna dan pencipta untuk mengiklankan dan menjual produk mereka

 

 



April 1, 2024by Erasoft

Software Aplikasi Omni Channel Master Online Membantu semua Pebisnis Online yang Berjualan di Aneka Platform MarketPlace dan memiliki Fitur – fitur yang lengkap antara lain

Manage from One Platform 
Membantu Anda dalam mengembangkan usaha dan mengelola operasional dari berbagai channel penjualan (offline dan online).

Extensive Integration
Secara official terintegrasi API dengan berbagai marketplace
(Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, Blibli, JD.ID), Tiktok Shop dan website/ecommerce (82cart, Shopify).

Comprehensive Accounting
Fitur akuntansi lengkap. Didukung oleh PT Erasoft Teknologi Indonesia yang bergerak di bidang Enterprise Resource Planning (ERP) sejak 1988.



August 18, 2023by Erasoft

Software produksi adalah perangkat lunak yang disusun khusus untuk mengotomatiskan proses produksi di pabrik mulai dari perencanaan produksi, pengecekan ketersediaan stok, alokasi sumber daya, pembagian tugas, hingga pengaturan rute produksi. Sistem ini juga tentunya akan meningkatkan kinerja perusahaan

Software Produksi di lengkapi oleh fitur fitur seperti Bill Of Material , Factory Overhead ,  Planning Production Inventory Control (PPIC) , Rencana Pemakaian Bahan , Master Production Schedule (MPS) dll



August 18, 2023by Erasoft
Software payroll (Program gaji / Penggajian) adalah program dan sistem komputer yang bisa Anda gunakan untuk bisa mengelola dan memanajemen secara efektif dan juga efisien. Untuk solusi keamanan data, kemudahan dalam setup dan pengoperasian software serta reporting data yang lengkap nan akurat,  
 Software payroll tidak hanya untuk membayar gaji namun juga bisa digunakan untuk menghitung pajak yang harus dibayarkan perusahaan dan juga karyawan. Penghitungan pajak dengan menggunakan payroll software ini jauh lebih mudah bahkan bisa menghilangkan kesalahan dalam penghitungan.
Jenis Tunjangan Karyawan yang Wajib Diketahui Perusahaan
  • Tunjangan jabatan.
  • Tunjangan keluarga.
  • Tunjangan hari tua.
  • Tunjangan kesehatan.
  • Tunjangan perumahan.


August 18, 2023by Erasoft

ERP  atau Enterprise Resource Planning,  adalah sebuah proses pengumpulan dan pengorganisiran data bisnis menggunakan perangkat lunak (Software) yang terintegrasi. Sederhananya, sistem ERP adalah perangkat yang memiliki kemampuan untuk mengotomatisasi segala proses bisnis berdasarkan data acuan

 

Apa Fungsi ERP ?

Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan suatu perangkat lunak (Software) yang terintegrasi dan  berfungsi mengumpulkan sekaligus mengorganisasi seluruh aktivitas bisnis yang ada di suatu perusahaan.

 

Apa Tujuan dari ERP ?

Sistem Program ERP adalah sistem informasi yang digunakan untuk mengelola data dan proses bisnis dari berbagai departemen dan fungsi bisnis dalam perusahaan. Sistem ini membantu perusahaan untuk mengatasi masalah yang timbul dari siloed data dan proses bisnis yang tidak terintegrasi

 

Tapi apakah Software Aplikasi ERP hanya untuk perusahaan besar? Tentu tidak. Faktanya, banyak usaha kecil menemukan bahwa sistem erp dapat membantu mereka mencapai tujuan bisnis mereka dan meningkatkan operasi bisnis mereka. Jadi kesimpulannya, sistem Aplikasi ERP tidak hanya untuk perusahaan besar

 

Bagaimanakah ERP pada industri Manufaktur itu berkembang?

Software Aplikasi ERP berkembang dari Manufacturing Resource Planning (MRP II), yaitu merupakan hasil evolusi dari Material Requirement Planning (MRP) yang berkembang sebelumnya. Sistem ERP secara modular biasanya mengangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan, pengapalan, dan akunting perusahaan.

 



August 18, 2023by Erasoft
Software akuntansi hanya mampu membantu perusahaan untuk mencatat aktivitas Penjualan , Pembelian dan Mutasi Barang  yang sudah terjadi dengan Pencatatan yang menggunakan metode akuntansi dan keuangan, sehingga terkadang disebut sebagai Software Keuangan.
Sementara Software ERP mampu membantu perusahaan untuk mencatat aktivitas dari seluruh divisi yang ada di perusahaan secara On Time sesuai dengan kejadian saat itu juga sehingga menimalisasi kesalahan pencatatan karena sudah di lengkapi dengan berbagai macam validasi yang rumit dan kompleks sehingga dapat memudahkan user dalam menyaring data
Software ERP tersedia Pada Industri Manufaktur (Pabrik)  , Perusahaan Distributor (Distribusi) , Dealer , Agen dan Toko
Dengan Demikian akan terjadi perbedaan dalam hal kecepatan untuk mendapatkan Data dan Laporan antara kedua model Jenis Software tersebut
Contoh Contoh Software ERP antara lain : Erasoft Business Application Software , SAP , Microsoft Dynamics , Etc
Contoh Contoh Software Akuntansi antara lain : Master Online , Accurate Software ,  Zahir ,  MAS, Etc


August 15, 2023by Erasoft
Manufacturing Software | Smart Solution Factory Owner | The Best Software SInce 1988
Manufacturing Program Integrated Program From Production Untill Accounting Process.
For Complete Information Please Contact Us Now
Software Produksi Terbaik | Solusi Cerdas Pemilik Pabrik | Aplikasi Pabrik Terintegrasi
Software Manufacturing Terlengkap dari Software Produksi Hingga Software Akuntansi. Hubungi kami untuk Demo Gratis

Software Manufacturing Terbaik

Solusi Cerdas Pemilik Pabrik  | Program Pabrik Terintegrasi

Aplikasi Pabrik Terlengkap dari Software Produksi Hingga Software Akuntansi.

Hubungi kami untuk Demo Gratis
Aplikasi Pabrik Terlengkap | Solusi Cerdas Pemilik Pabrik | Software Pabrik Terintegrasi
Aplikasi Pabrik Terlengkap dari Software Produksi Hingga Software Akuntansi. Hubungi kami untuk Demo Gratis


August 15, 2023by Erasoft

Aplikasi Po Terbaik , Software Inventory Terlengkap

Software Pembelian dan stok Dengan Program Po dan Stock Terbaik

Proses Pembelian Terlengkap dan Tersedia fitur mengontrol Biaya dan Anggaran

Software Procurement dan Stock , Program Stok Gudang Terlengkap

Program Pembelian Terbaik , Software Persediaan Barang

Software Procurement Berbasis Web dan Bisa di modifikasi sesuai kebutuhan Anda

 

Software Erp Pembelian Terbaik , Software Procurement dan Stok

Aplikasi Inventory dan Gudang , Progam Erp Stok dan Gudang

Tersedia Fitur Purchase Requisition , Seleksi Supplier dan Anggaran Pembelian

Software Analisa Stock Gudang  , Aplikasi Gudang Terintegrasi

Software Kontrol Stok Gudang ,  Software Gudang Terlengkap 

Aplikasi Stok Pembelian , Software Gudang Terbaik

Software Inventory Dengan Fitur Lengkap dan Terintegrasi Hingga ke Akunting

 

Program Procurement dan Stock ,  Software Po dan Inventory

Software inventory Terbaik ,  Aplikasi Warehouse Terlengkap

Memantau dan Kontrol Stok secara online dan akurat , Dapat di modifikasi sesuai kebutuhan

 

 



August 13, 2023by Erasoft

Software Aplikasi penjualan barang merupakan salah satu dari bentuk kemajuan teknologi yang semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Bagaimana tidak, jika dahulu sebuah bisnis hanya dapat memanfaatkan tenaga kerja untuk kemajuan bisnisnya, pada era revolusi industri 4.0 ini manusia berevolusi untuk berkolaborasi dengan teknologi untuk mempermudah jalan bisnisnya.

Teknologi yang canggih akan memudahkan aktivitas manusia maju semakin mudah khususnya dalam bidang kegiatan bisnis dan transaksi. Transaksi saat ini dapat dilakukan tanpa tatap muka, hanya berlangsung secara online namun tetap dapat dipercaya, yang menjadikan dampak positif dari kehadiran inovasi di era digital yang semakin berkembang pada bidang bisnis.

Karena banyaknya manusia yang ingin membuka sebuah usaha sehubungan dengan era yang semakin berkembang banyak kebutuhan yang diminta oleh manusia agar dapat mengikuti perkembangan zaman dan trend saat ini, peran aplikasi penjualan barang ini dapat mempermudah bentuk operasional yang mereka butuhkan dan mampu meningkatkan efektifitas kerjanya. Seperti tujuan utama dari aplikasi penjualan barang adalah dengan menggantikan operasional manual dengan teknologi, yang mana mampu untuk sebuah bisnis bertahan di tengah persaingan bisnis dan mampu berkembang sesuai harapan.

Pengertian Aplikasi Penjualan Barang

Aplikasi penjualan barang merupakan sebuah software atau aplikasi yang mana membantu sebuah transaksi jual-beli sebuah bisnis menjadi lebih mudah, efisien, dan akurat. Biasanya sebuah bisnis memanfaatkan aplikasi penjualan barang bersamaan dengan penggunaan aplikasi lainnya seperti software ERP atau aplikasi lainnya yang turut membantu bisnisnya.

Kelebihan tersebut akan didapatkan jika penggunaan pada aplikasi penjualan barang digunakan dengan benar. Benar secara fungsi dan manfaatnya karena setiap aplikasi memiliki fitur dan keunggulannya masing-masing. Maka penting bagi pebisnis untuk menentukan aplikasi yang cocok dan tepat untuk bisnisnya agar mampu menerapkannya dengan baik dan benar.

 

Alasan Perlu Menggunakan Aplikasi Penjualan Barang Dalam Bisnis

Pentingnya aplikasi penjualan barang untuk bisnis adalah karena mampu menyederhanakan segala proses yang rumit menjadi mudah karena otomatis. Segala proses penjualan dapat terpantau dengan mudah hanya dalam satu aplikasi saja, hal ini tentunya akan jauh memudahkan pekerjaan supervisor maupun tim sales yang bekerja ke lapangan langsung
Alasan Perlu Menggunakan Software Penjualan Barang Dalam Bisnis
  1. Mempercepat Proses Transaksi

Karena semua proses transaksi dapat terkoneksi menjadi otomatis, maka administrasi seperti pencatatan barang masuk, menghitung tagihan, dan lain sebagainya akan lebih mudah dan efisien. Hal ini juga mampu mempermudah pelanggan untuk melakukan transaksi karena prosesnya cepat dan tidak memakan waktu yang banyak.

  1. Membuat Data Lebih Akurat

Dengan aplikasi maka semua pencatatan penjualan akan terekam otomatis dari mulai pemesanan hingga proses pembayaran secara real time dan hasilnya pun akan jauh lebih akurat karena meminimalisir kesalahan pada human error. Dengan ini maka pebisnis tidak perlu repot-repot untuk mencatat secara manual dan menghitung secara manual dengan kalkulator.

  1. Memudahkan Manajemen Inventaris

Melalui aplikasi ini, maka pelaku bisnis akan dengan mudah untuk mengetahui stok barang mana yang habis dan mana yang tidak karena terdapat riwayat pemesanan dan pemakaian barang yang ada secara real time. Dengan ini maka pebisnis dapat memesan barang ke supplier sesuai dengan kebutuhan yang ada agar tidak ada masalah produk baku yang dipesan berlebih.

  1. Meningkatkan Penjualan Barang

Dengan aplikasi ini, pebisnis mampu mengetahui segala aktivitas toko mulai dari, mana produk yang paling laku terjual, kapan waktu toko yang paling sibuk, dan lain sebagainya. Dengan ini, maka pebisnis dapat membuat strategi pemasaran yang lebih baik lagi untuk meningkatkan penjualan yang lebih efektif lagi dari sebelumnya.

  1. Membantu Pelaporan Analisa

Dan yang terakhir aplikasi ini memungkinkan pebisnis untuk melihat dan mengatur aktivitas kinerja karyawannya, ketersediaan produk baku, melacak pengeluaran, dan melihat pendapatan yang ada. Hal ini dapat terlihat pada aplikasi dan pebisnis dapat senantiasa untuk melihatnya kapan dan dimana saja.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Erasoft hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Erasoft , maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Erasoft  bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Erasoft menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time dan keamanan data perusahaan terjamin.

 

Selain itu, Erasoft memiliki banyak fitur didalamnya seperti:

  • Fitur pembelian dimana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  • Cash dan Bank .untuk Pengaturan Cash Flow (Arus Kas)
  • Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  • Manajemen Stok
  • Otomatis Jurnal Ke Akunting

 

Di kutip dari fajar.co.id