Software Aplikasi penjualan barang merupakan salah satu dari bentuk kemajuan teknologi yang semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Bagaimana tidak, jika dahulu sebuah bisnis hanya dapat memanfaatkan tenaga kerja untuk kemajuan bisnisnya, pada era revolusi industri 4.0 ini manusia berevolusi untuk berkolaborasi dengan teknologi untuk mempermudah jalan bisnisnya.
Teknologi yang canggih akan memudahkan aktivitas manusia maju semakin mudah khususnya dalam bidang kegiatan bisnis dan transaksi. Transaksi saat ini dapat dilakukan tanpa tatap muka, hanya berlangsung secara online namun tetap dapat dipercaya, yang menjadikan dampak positif dari kehadiran inovasi di era digital yang semakin berkembang pada bidang bisnis.
Karena banyaknya manusia yang ingin membuka sebuah usaha sehubungan dengan era yang semakin berkembang banyak kebutuhan yang diminta oleh manusia agar dapat mengikuti perkembangan zaman dan trend saat ini, peran aplikasi penjualan barang ini dapat mempermudah bentuk operasional yang mereka butuhkan dan mampu meningkatkan efektifitas kerjanya. Seperti tujuan utama dari aplikasi penjualan barang adalah dengan menggantikan operasional manual dengan teknologi, yang mana mampu untuk sebuah bisnis bertahan di tengah persaingan bisnis dan mampu berkembang sesuai harapan.
Pengertian Aplikasi Penjualan Barang
Aplikasi penjualan barang merupakan sebuah software atau aplikasi yang mana membantu sebuah transaksi jual-beli sebuah bisnis menjadi lebih mudah, efisien, dan akurat. Biasanya sebuah bisnis memanfaatkan aplikasi penjualan barang bersamaan dengan penggunaan aplikasi lainnya seperti software ERP atau aplikasi lainnya yang turut membantu bisnisnya.
Tujuan Software aplikasi penjualan untuk bisnis adalah menambah memudahkan bisnis agar dapat beroperasi dengan lancar serta lebih mudah dalam pengelolaannya. Saat ini sudah banyak berbagai bisnis yang menggunakan aplikasi penjualan barang, contohnya adalah bisnis dari bidang F&B untuk memantau dan menghitung performa penjualan dan menghitung capaian target KPI.
Manfaat Software Aplikasi Penjualan Barang Bagi Bisnis
Aplikasi penjualan barang sangat bermanfaat bagi sebuah bisnis untuk berkembang, karena aplikasi ini mampu mendigitalisasikan proses sales dan dapat bekerja lebih mudah, cepat, dan efisien. Ada banyak manfaat bagi suatu bisnis jika menggunakan aplikasi penjualan barang sebagai program penjualan dalam usahanya, yaitu
- Memungkinkan pengusaha memiliki catatan transaksi yang lengkap, bersih, dan akurat
- Manajemen inventaris yang lebih mudah dan risiko kesalahan manusia yang lebih minimal
- Transaksi dapat dilakukan lebih cepat, lebih praktis dan lebih mudah, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan
- Memungkinkan pemilik untuk memantau bisnisnya dengan lebih mudah karena riwayat transaksi akan tercatat secara otomatis oleh sistem
- Membantu pemilik bisnis untuk melakukan analisis bisnisnya dengan lebih mudah, yang juga mempengaruhi strategi bisnis yang akan diterapkan
- Hemat lebih banyak waktu, biaya, dan tenaga
- Membantu meningkatkan pendapatan dan keuntungan bisnis
- Merekam kebutuhan pelanggan secara otomatis pada sistem, sehingga mudah untuk memahami tren pasar atau kebiasaan belanja prospek potensial
- Memperoleh wawasan bisnis lebih rinci dan akurat melalui sales funnel.
Kelebihan tersebut akan didapatkan jika penggunaan pada aplikasi penjualan barang digunakan dengan benar. Benar secara fungsi dan manfaatnya karena setiap aplikasi memiliki fitur dan keunggulannya masing-masing. Maka penting bagi pebisnis untuk menentukan aplikasi yang cocok dan tepat untuk bisnisnya agar mampu menerapkannya dengan baik dan benar.
Alasan Perlu Menggunakan Aplikasi Penjualan Barang Dalam Bisnis
- Mempercepat Proses Transaksi
Karena semua proses transaksi dapat terkoneksi menjadi otomatis, maka administrasi seperti pencatatan barang masuk, menghitung tagihan, dan lain sebagainya akan lebih mudah dan efisien. Hal ini juga mampu mempermudah pelanggan untuk melakukan transaksi karena prosesnya cepat dan tidak memakan waktu yang banyak.
- Membuat Data Lebih Akurat
Dengan aplikasi maka semua pencatatan penjualan akan terekam otomatis dari mulai pemesanan hingga proses pembayaran secara real time dan hasilnya pun akan jauh lebih akurat karena meminimalisir kesalahan pada human error. Dengan ini maka pebisnis tidak perlu repot-repot untuk mencatat secara manual dan menghitung secara manual dengan kalkulator.
- Memudahkan Manajemen Inventaris
Melalui aplikasi ini, maka pelaku bisnis akan dengan mudah untuk mengetahui stok barang mana yang habis dan mana yang tidak karena terdapat riwayat pemesanan dan pemakaian barang yang ada secara real time. Dengan ini maka pebisnis dapat memesan barang ke supplier sesuai dengan kebutuhan yang ada agar tidak ada masalah produk baku yang dipesan berlebih.
- Meningkatkan Penjualan Barang
Dengan aplikasi ini, pebisnis mampu mengetahui segala aktivitas toko mulai dari, mana produk yang paling laku terjual, kapan waktu toko yang paling sibuk, dan lain sebagainya. Dengan ini, maka pebisnis dapat membuat strategi pemasaran yang lebih baik lagi untuk meningkatkan penjualan yang lebih efektif lagi dari sebelumnya.
- Membantu Pelaporan Analisa
Dan yang terakhir aplikasi ini memungkinkan pebisnis untuk melihat dan mengatur aktivitas kinerja karyawannya, ketersediaan produk baku, melacak pengeluaran, dan melihat pendapatan yang ada. Hal ini dapat terlihat pada aplikasi dan pebisnis dapat senantiasa untuk melihatnya kapan dan dimana saja.
Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Erasoft hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.
Dengan menggunakan Erasoft , maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.
Erasoft bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.
Jadi, Erasoft menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time dan keamanan data perusahaan terjamin.
Selain itu, Erasoft memiliki banyak fitur didalamnya seperti:
- Fitur pembelian dimana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
- Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
- Cash dan Bank .untuk Pengaturan Cash Flow (Arus Kas)
- Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
- Manajemen Stok
- Otomatis Jurnal Ke Akunting
Di kutip dari fajar.co.id