Apa yang di maksud dengan Software Manufaktur

August 13, 2023by Erasoft

Perusahaan manufaktur adalah salah satu perusahaan yang memerlukan sumber daya yang banyak. Hal ini mengingat proses bisnis yang dijalankan begitu panjang serta rumit. Di mulai dari pengelolaan bahan baku atau mentah, menjadi bahan setengah jadi atau sampai menjadi barang jadi untuk dipasarkan.

Dengan seluruh proses tersebut, tentu perusahaan manufaktur membutuhkan sumber daya yang beragam dan mahal.

Proses produksi perusahaan manufaktur bisa dibuat lebih sederhana dengan bantuan software manufaktur. saat ini teknologi juga sudah merambah industri manufaktur.

Apa Itu Software Manufaktur?

Software manufaktur adalah perangkat lunak yang dibuat untuk mengotomatisasi operasional yang ada di perusahaan manufaktur.

Kegiatan operasional yang dimaksudkan di sini adalah perencanaan produksi, pengecekan persediaan, alokasi sumber daya, pembagian tugas, sampai dengan mengatur workflow produksi.

software manufaktur, dapat membantu seluruh proses operasional tersebut untuk dikendalikan secara digital dan juga akan saling terintegrasi menjadi satu kesatuan, sehingga Anda dapat dengan mudah menjalankan operasional perusahaan serta mendapatkan gambaran yang jelas tentang prosesnya secara real time.

 

Ragam Software Manufaktur

Di dalam perkembangannya, software manufaktur memiliki beberapa jenis, seperti berikut ini.

1. Software Desain

Software Desain ini punya fungsi untuk membuat desain dari produk yang ingin kita buat dan nantinya akan dipasarkan. Nantinya software ini akan terintegrasi dengan mesin produksi sehingga hasil produksi yang dihasilkan lebih optimal.

2. Software Akuntansi

Perangkat lunak satu ini sangat berguna untuk mempermudah perusahaan dalam mengelola segala hal yang berkaitan dengan keuangan, pembukaan, dan hal-hal akuntansi lainnya.

Dengan software ini, kegiatan seperti perekaman transaksi, pengelolaan keuangan, sampai penyimpanan data keuangan lainnya bisa dilakukan di satu tempat dengan cepat, mudah, dan aman.

3. Software Human Resource

Layaknya perusahaan lainnya, perusahaan manufaktur pun perlu untuk mengelola SDMnya, maka dari itu, software human resource adalah salah satu jenis software manufaktur yang dibutuhkan.

Dengan software ini, segala hal dan kegiatan yang berhubungan dengan administrasi karyawan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

4. Software Inventory

Software inventory management adalah jenis software manufaktur yang sangat membantu untuk mengelola persediaan yang dimiliki perusahaan.

Dengan teknologi satu ini, Anda dapat dengan mudah untuk melakukan manajemen stok barang, mulai dari pengelompokkan, pendataan, sampai pengendalian barang yang dibutuhkan perusahaan.

Tidak hanya itu, software ini juga membantu perusahaan dalam mengelola stok barang, seperti pengadaan dan melakukan prediksi keadaan stok barang yang akan datang

5. Equipment Software

Ini adalah salah satu jenis software manufaktur yang berkaitan dengan pengelolaan alat-alat produksi. Software ini akan membantu perusahaan dalam menghemat waktu yang diperlukan untuk melakukan proses produksi. Hal ini karena semua sudah dilakukan secara otomatis.

6. Supply Chain Management Software

Perusahaan manufaktur sangat berkaitan dengan supply chain atau rantai pasok. Software ini akan membantu Anda dalam pengelolaan supply chain dari hulu ke hilir, mulai dari proses produksi, distribusi, sampai pada proses produksi.

Dengan bantuan supply chain management software, seluruh proses bisa dilakukan secara otomatis dan terintegrasi. Hal ini tentunya akan meminimalisir kesalahan.

7. Software CRM

Software Customer Relationship Management atau CRM adalah software yang akan membantu Anda dalam melakukan perhitungan kebutuhan konsumen. Dengan begitu, Anda bisa memenuhi permintaan konsumen, serta menjaga hubungan baik dengan mereka.

Itulah dia pengertian dan juga jenis dari software manufaktur yang ternyata sangat berguna untuk mendukung proses operasional perusahaan agar berjalan lebih sederhana dan efektif.

Di kutip dari Situs ghozaliq.com